Kunjungan Edukasi: 3 Tempat 1 Hati


Kunjungan Edukasi atau lebih dikenal dengan istilah KUNJED merupakan salah satu program kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh murid-murid SDIC (Sekolah Dasar Islam Cendikia) Ulee Kareng, tempatku berdikari saat ini. KUNJED merupakan kegiatan ekstrakurikuler bagi para siswa SDIC yang bertujuan untuk mengenal lebih dekat kondisi nyata kehidupan dan mempelajarinya secara langsung. Untuk semester gasal 2016 ini, kami mengunjungi 3 tempat pembelajaran yakni Cargo di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Hutan Kota BNI dan Pantai Ulee Lheue.  

Anak-anak sangat antusias, tapi para guru sejujurnya sudah tepar sejak awal, maklum, persiapan keberangkatan cukup menguras pikiran, waktu dan tenaga. Ditambah lagi cuaca sensi, terkadang panas membakar lalu tiba-tiba dingin gemetar, tahulah sendiri bagaimana galaunya kondisi. Namun, tawa dan senyum merekah para ananda di sekolah selalu berhasil membuat para guru seketika berubah gagah. Entah mantra apa, namun para guru tak pernah bisa menolak untuk ikut kembali ceria, termasuk saya.


Brum.... brum... 
Dua buah mobil bus full AC sudah bertengger manis di depan sekolah. Anak-anak histeris kegirangan bukan kepalang. Jam menunjukkan pukul 09.00 WIB. Sudah saatnya berangkat. Untuk urusan jalan-jalan dan wisata, anak-anak tidak akan pernah mau terlambat. Seluruh murid sudah memasuki bus dan duduk manis tanpa instruksi.

5 menit...
10 menit....
15 menit....

Tak ada seorang pun guru yang keluar dari sekolah mengikuti jejak para ananda untuk menaiki bus yang sudah bermenit-menit menunggu. Bahaya! Anak-anak mulai bosan, sedangkan para guru sedang berperang dengan persiapan keberangkatan. Ini gila! Saya berteriak hening di dalam jiwa, sambil berdo'a agar LKS KUNJED selesai terprint segera. 

"Miss... masih lama busnya jalan?" tanya seorang murid dengan polosnya.
"Oh, enggak nak, yok kita berangkat," sambil tersenyum kearahnya, hati saya terus berdo'a dan ekor mata saya dengan tajam menatap sambil mengancam sang printer untuk mempercepat kinerjanya. Pada momen sepelik ini, do'a selalu menjadi andalan utama. Tak heran, sejak mengajar di sini, saya menjadi semakin religius, apalagi jika kepepet. Hahaha... semacam tak tulus. 

Akhirnya, kami berangkat tepat pada pukul 09.30 WIB. Senang bukan kepalang para ananda, dan guru juga berusaha ceria walau badan pegal dan kepala sedari awal nyut-nyutan. 

Tujuan pertama, Cargo di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Banda Aceh.

Tujuan kedua, Hutan Kota BNI


Tujuan ketiga, Pantai Ulee Lheue

Akhirnya setelah seharian belajar bersama, bercanda ria, bergelak tawa maka kepulangan yang seharusnya selesai pada pukul 15.00 WIB bergeser menjadi 17.00 WIB. Salah siapa? Salahkan saja rasa asyik pada deru pesawat terbang, ayunan, taman, jembatan dan riakan lautan yang menggoda iman untuk berenang. Ah, tak apa, nikmati saja. Sampai jumpa di KUNJED selanjutnya. (Banda Aceh, 08112016)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kunjungan Edukasi: 3 Tempat 1 Hati"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya!
Besok-besok mampir lagi ya!