Gratis! Berikut Tata Cara Pendaftaran Pelatihan Skill Kerja di BLK Banda Aceh


BLK (Balai Latihan Kerja) Banda Aceh kembali membuka pendaftaran bagi putra putri Aceh untuk memperoleh kesempatan mempelajari berbagai skill dan pengetahuan kekinian yang bisa digunakan untuk bekerja bahkan membuka lapangan kerja. Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi para pemuda/i Aceh khususnya lulusan SMK/SMA agar siap menghadapi dunia kerja. Jika kamu lulusan S1 namun masih memerlukan skill dan keilmuan yang disediakan oleh BLK, kamu boleh kok ikutan mendaftar. Lama pelatihan yang diberikan berkisar 2-3 bulan.
Nah, sebelum dapat bergabung, mula-mula kamu harus mendaftarkan berkas terlebih dahulu ke BLK yang terdapat di gedung 3in1  beralamat di jl. Ksatria, Geuceu Komplek, Banda Aceh.


 
Nah, adapun syarat dan berkas yang harus dilengkapi terdiri dari:
*) Berusia minimal 16 tahun
*) 1 lembar fotokopi ijazah SMA/SLTA (atau yang sederajat)
*) 1 lembar fotokopi KTP
*) 5 lembar pasfoto ukuran 3x4 latar merah
 
Semua bahan tersebut dibawa untuk diserahkan ke gedung 3in1 sejak tanggal 27 Desember 2017- 29 Januari 2018. Berkas boleh dimasukkan ke dalam map berjenis dan berwarna apa saja (karena mapnya tidak digunakan dan akan dikembalikan nantinya). Penyerahan berkas dapat dilakukan pada jam kerja yaitu dari hari senin-jum'at, pukul 08.00-12.00 dan 14.00-15.45.

Terus, sebelum menyerahkan berkas, saya sangat menyarankan agar membaca dan memperlajari terlebih dahulu jurusan skill yang ingin dipelajari. Untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap terkait jurusan tersebut, kamu bisa cek langsung secara online di website 3in1 Banda Aceh, di SINI ya. 



Jika sudah yakin dengan jurusan yang akan kamu pilih, sebelum menyerahkan berkas, ada baiknya kamu  mendaftarkan diri secara online di SINI. Tujuannya sederhana, agar nanti saat menyerahkan berkas, kamu tidak perlu mengantri lama saat pengisian data secara online di gedung 3in1.

Tahapan-Tahapan Penyerahan Berkas 

1. Pastikan kamu mendatangi gedung 3in1 di BLK untuk menyerahkan berkas pada hari dan jam kerja.
2. Jangan lupa bawa pulpen atau stipo a.k.a stip-x. Karena di sana kamu bakal mengisi formulir lainnya. (Untuk foto formulir, akan ditempelkan oleh panitia, kamu cukup bawa fotonya saja).


 3. Tidak ada nomor antrian, jadi sistemnya ngantri dengan memakai urutan duduk kursi. 
   (Arus perpindahan tempat duduk itu dari belakang ke depan. Artinya, jika orang di depan kamu sudah 
    maju, ya kamunya peka dong, pindah ke depan).


4. Untuk mengambil formulir, kamu tidak perlu mengantri. Langsung saja minta ke panitia, ke Kak Putri misalnya.



5. Setelah mengisi formulir dan semua berkas sudah tersedia. Silakan mengantri dengan melihat urutan perpindahan kursi. Terus kepoin dah panitia data online, boleh kak Risqha atau kak Vinny. Kalau kursi sudah kosong dan antrian kamu sudah dekat, tancap gas terus dah. Makannya peka, jangan bengong di sana, sip.



6. Kalau kamu sudah mengisi data online di rumah, maka antrian pengisian data kamu tidak akan lama. Karena datanya cukup disetujui oleh admin. Maka, selamat bagi kamu yang rajin melakukan persiapan sebelum penyerahan berkas.  Nah, setelah data online kamu di ACC. Kamu disuruh kembali menunggu untuk mendapatkan nomor ujian. Kamu boleh menunggu di sofa, kursi merah atau sambil berdiri, selama kamu tidak salto-an atau kayang-an saja. Semua aman dah.



7. Setelah nomor ujianmu terdata, siap-siap pasang telinga, karena nama kamu akan kembali dipanggil oleh panitia, Kak Putri, misalnya. Setelah menerima nomor ujian, kamu akan diberitahukan bahwa ujian seleksi akan dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Januari 2018. Dress codenya hitam-putih.


Nah, untuk menanyakan berbagai hal yang masih membingungkan atau kurang jelas, silakan komen di bawah tulisan ini ya. Atau kamu bisa menghubungi admin BLK di Facebook Balai Latihan Kerja Banda Aceh. Adminnya baik kok. Semua pertanyaan kamu terkait program pelatihan ini bakal dijawab. Jadi, bertanyalah selama masih relevan dengan lingkup tes dan pelatihan BLK. Tapi, kalau kamu nanyain jodoh ke admin BLK, ya bisa dikutuk tujuh tanjakan dan turunan entar. So, be brave but wise, dude. Oke, itu saja, semoga bermanfaat.



Update Info!!!
==============

PENDAFTARAN PELATIHAN & SERTIFIKASI BLK 2019

*) Pendaftaran Gelombang I : 17 Desember 2018-19 Januari 2019
    Jadwal seleksi                  : 23 Januari 2019


Pengumuman Pendaftaran Pelatihan dan Sertifikasi BLK 2019



 

Subscribe to receive free email updates:

46 Responses to "Gratis! Berikut Tata Cara Pendaftaran Pelatihan Skill Kerja di BLK Banda Aceh"

  1. kalau lulusan S1 mau pelajari berbagai bidang bisa ga? haha..kasihnya tetap ijazah SMA sih.. bukan ambil untuk bekejra, tapi ilmunya dipakai sendiri aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau sudah lulus S1 dan masih mau belajar skillnya boleh kok. Pakai aja ijazah SMA-nya. Terus, selain dapat ilmu, entar para peserta bakal dapat tugas magang juga lho. Jadi ilmu yang dipelajari langsung bisa diaplikasikan.

      Hapus
    2. Alhamdulilah periode ini saya mendaftar, pakai ijazah SMA. Mau tanya untuk tes nya... untuk tes tulis kisi-kisinya tentang apa ya ? lalu tes wawancara apa saja yang ditanyakan ? terima kasih

      Hapus
    3. sekalian tanya lagi.. kalau udah ikut periode ini.. kedepannya kalau dibuka lagi maish bisa ikut ga?

      Hapus
    4. Setau saya boleh kok ikut lagi. Tapi disarankan ambil skill/keilmuan yang berbeda dari sebelumnya ya.

      Oh ya, bakal lebih bagus kalau kamu juga bisa ikut mengajak teman-teman lulusan SMA/SMK yang butuh kerja untuk ikut pelatihan ini juga ya.

      Hapus
  2. Walaupun belum tw apa2 ttg kejuruanx bsa ikut tah gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh aja sih. Tapi ada baiknya dipelajari dulu penjelasan jurusan (ada link di tulisan) yang ingin dipilih. Agar gak rugi saat magang entar.

      Hapus
    2. Kak tgl berapa ya pengambilan no ujian nya

      Hapus
    3. Nomor ujian langsung diserahkan di hari yang sama saat pendaftaran kamu sebagai calon peserta. Coba deh baca ulang tulisan di atas pada poin 6 dan 7.

      Hapus
  3. Kapan akan di buka kurus lagi kak ? Khusus nya Administrasi perkantoran & menjahit?
    Terima ksh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk periode pelatihan 2019, pendaftaran BLK Gelombang I sudah dibuka tuh. Infonya sudah saya update di artikel ini ya. Cek aja di bagian paling bawah tulisan. Semoga membantu.

      Hapus
  4. Kak kalo lulusan s1 pakainya tetep ijazah SMA ya? Trs ntar klo pas di tes wawancara ditanyain selama lulus dari SMA smpe umur segini udah pernah kerja apa aja bagaimana kak. Padahal saya blm pernah bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syarat pendaftaran BLK tahun 2018 lalu sih gitu.
      Tapi untuk pendaftaran 2019 ini bawa aja dua-duanya, ijazah SMA dan S1. Entar ditempat pendaftaran tanyain aja panitianya. Biar aman dan gak bolak balik!


      Jujur aja jawabnya.
      Saya belum pernah bekerja makanya saya mau mengikuti pelatihan di BLK agar mendapatkan skill sesuai passion saya dan sejalur dengan permintaan dunia kerja.

      Tapi kalau kamu pernah ikut kegiatan volunteering a.k.a sukarelawan, itu dihitung sebagai pengalaman kerja lho. Good Luck.

      Hapus
  5. Kak..misalnya sedang kuliah boleh kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jadwal pelatihan dan kuliah kamu enggak bentrok, sepertinya boleh aja. Coba deh tanya kepastiannya dulu ke admin BLK Banda Aceh. Bisa lewat FB kok.

      Hapus
  6. Kak kalo sedang kuliah apa boleh mengikuti kegiatan ini?
    Kira" berapa lama yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, durasi pelatihan berbeda-beda. Dari 1-3 bulanan ditambah magang lagi. Kalau kamu sedang libur panjang semesteran, mungkin bisa coba ikut serta.

      Nah, untuk kepastiannya, coba deh hubungi admin BLK Banda Aceh. Boleh lewat FB atau datang aja langsung ke gedung 3in1 BLK.

      Hapus
  7. Kak kalau gelombang 2 kapan yah.....soalnya gelombang 1 nya ga ada jurusan yg saya minat padahal the kemaren ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, belum tahu nih.
      Tapi biasanya setelah selesai pelatihan gelombang pertama.
      Mungkin 3-4 bulan ke depan.

      Hapus
  8. Kak kalo bukan orang aceh boleh ikut pelatihan gk kak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, pelatihan yang infonya saya tuliskan ini dikhususkan untuk warga Prov.Aceh. Kalau kamu berada atau berasal dari provinsi lain, coba deh dicari tahu, biasanya setiap daerah punya program pelatihan serupa.

      Hapus
  9. Assalaamu'alaikum ayu. Sy brminat pd pelayihan menjahit. Tapi sy belum pernah mngoperasikan mwsin sama skali. Misal, mmasang benang, mngayuh mesin jg blum pernah. Tapi sy pngn skali bisa mnjahit busana. Apakah kira2 sy dpt diterima utk pelatihan BLK? Dn apakah ada batas usia maksimal utk peserta yg diterima? Dn satu lg, apa aj ruang lingkup testnya nanti? Tks bnyak sbelum dn ssudahnya ya ayu 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.
      Setahu saya tidak masalah kalau kita sama sekali awam dengan ilmu/skill yang ingin kita pelajari. Selama ada niat dan keinginan kuat untuk belajar, silakan saja daftar.

      Menurut syarat, tidak ada batas usia maksimal. Asalkan umur Anda di atas 16 tahun dan masih mampu belajar dan bekerja (khususnya untuk jangka waktu magang nanti) sepertinya tidak masalah sih.

      Nah, untuk jenis soal tes, coba dikonsultasikan langsung kepada panitia BLK ya. Good Luck!

      Hapus
    2. Tks bnyak yaa buat ayu yg baik dn sabar 🙏🙏

      Hapus
    3. assalamuallaikum kk.
      kak kalau sudah berkeluarga.
      punya anak 1..
      bisa daftar kk.
      program Menjahit.

      Hapus
    4. Wa'alaikumsalam...
      Setau saya, tidak ada persyaratan umur dan status bagi peserta.
      Selama usia kamu di atas 16 tahun, dan kamu komit mau belajar, silakan daftar aja.

      Untuk keterangan lebih lengkap, boleh langsung hubungi adminnya ya.

      Hapus
    5. Ka bisakah mengikuti pelatihan berapa Kali dengan kejuruan yang berbeda ,?

      Hapus
    6. Setau saya bisa sih.
      Tapi kalau boleh saran, mending ikut sekali terus kamu fokus berkarya dengan skil itu deh.

      Nah, terus kamu bisa jadi ambasador untuk ngajakin orang lain dan sebarin info jika pelatihan BLK dibuka. Jadi jatah pelatihan selanjutnya bisa diterima peserta lain yang lebih butuh, seperti teman-teman lulusan SMA/SMK. Sip.

      Hapus
  10. Kalo tamatan smp gak boleh ya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... setahu saya ijazah SMA.
      Tapi coba tanyakan langsung ke admin-nya ya.
      Bisa melalului FB (linknya ada di tulisan)

      Hapus
  11. Pelatihan tahap ke3 kpan dibuka pendaftaran..soalnyan sy dtg hr jumat 8/3 katanya udah ditutup pendaftaran tahap 2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran tahap selanjutnya biasa dibukan sekitar 3 bulan setelah pelatihan tahap sebelumnya. Untuk kepastianya, silakan tanyakan langsung ke admin-nya ya. Bisa melalului FB (linknya ada dalam tulisan di atas).

      Hapus
  12. Kak mau nanya berapa jam dalam sehari belajarnya, bisa pulang pergi gak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelatihannya, biasanya, dari pagi hingga sore.
      Otomatis, kamu bisa pulang pergi, selama rumah kamu di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar ya.

      Hapus
  13. Kak, saya hanif, yang waktu itu ngasih nomor ke kakak, gimana kak? Ada gak yang masih kosong ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Hanif, salam kenal.

      Sepertinya kamu salah orang deh, karena saya tidak pernah menerima nomor dan nama siapa pun terkait program ini. Sama seperti yang lain, saya calon peserta pelatihan bukan panitianya.

      So, kalau kamu mau konfirmasi langsung terkait hal ini bisa hubungi admin program ini ya, bisa melalui FB, dan linknya telah saya cantumkan dalam tulisan di atas.

      Hapus
  14. Kak kalau ijazahnya blm keluar apa boleh daftar? Soalnya lulus SMA dan ijazahnya blm keluar,ohya kak satu lagi kalau masa kerjanya berapa bln ya kak kalau jurusan menjahit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kita memang diminta fotokopi ijazah sih, tapi kalau emang belum ada, mungkin bisa gunain Surat Keterangan Lulus dari sekolah. Biasanya lama programnya sekayak 3 bulan gitu, mangangnya 1 bulan kalau enggak berubah peraturan di tahun 2020.

      Untuk lebih jelas, datang aja langsung ke BLK ya, untuk konsul ke panitianya. Lewat Facebook boleh juga ditanyakan.

      Hapus
  15. Soal tes masuknya ttg apa2 aja ya? Ada sulit gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca-baca soal-soal di buku psikotes dan latih juga skill public speakingnya ya, biasanya abis tes tulis, dilanjutkan tes wawancara. Enggak sulit kok, selama kamu mempersiapkan diri dengan benar.

      Hapus
  16. asslammualaikum kak
    saya tahun kemaren telah mengikuti blk apakah boleh ikut lagi di tahun ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.
      Biasanya boleh,disarankan ambil skill/bidang keilmuan yang beda dari sebelumnya ya. Selamat mencoba.

      Hapus
  17. Assalamu'alaikum kak.
    Saya mau tanya terkait ini. Saya sudah baca diatas jika lulusan S1 bisa mendaftar dengan menggunakan ijasah SMA. Ijasah keduanya di bawa waktu pendaftaran. Akan tetapi pendaftarannya via online, nah itu gimana kak? Apa tetap pakai ijasah S1 apa SMA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Hai Nia.
      Coba dilihat di syarat pendaftaran online diminta upload ijazah apa? SMA atau S1. Nah, nanti dibawa berkas sesuai syarat yang dimintakan saat pendaftaran onlinenya.

      Hapus
  18. Kak kaluu pernah mengikuti kursus di luar setelah itu mengikuti pelatihan blk dengan jurusan yg sama apakah waktu seleksi di terima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu mesti punya alasan yang kuat mengapa memilih mengambil jurusan pelatihan yang sama lagi. Jika enggak punya penjelasan memadai, bagusan ambil jurusan lain yang masih dalam ranah yang sama sih. Menurut saya gitu.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya!
Besok-besok mampir lagi ya!


(Komentar Anda akan dikurasi terlebih dahulu oleh admin)