Wisata Belanja Versi Anak Muda Aceh



Saat pertama kali ingin menuliskan blog mengenai wisata belanja, saya menjadi galau sendiri. Bagaimana tidak, membaca satu kata “belanja” saja, pikiran saya sudah menerawang ke mana-mana. Berikut serentetan kalimat yang muncul di benak saya seketika membayangkan kata belanja.

Belanja itu = uang keluar. Alias, sebuah kegiatan yang membuat seseorang senang di awal, namun bokek kemudian. Dengan kata lain, jika tak kaya, jangan coba-coba. Jika tak ingin menderita akhir bulannya.
(Diiringi backsound serial killer).
Sesaat kemudian, saya tersadar ternyata topiknya tulisannya itu bukan tentang belanja saja, namun lebih tepatnya merupakan gabungan dua kata yakni wisata dan belanja. Tanpa kendali, imajinasi saya kembali menari-nari. Kira-kira begini logika yang muncul.

Wisata itu bisa diartikan jalan-jalan atau mengunjungi suatu tempat yang baru untuk bersenang-senang. Belanja itu adalah suatu aktifitas mengeluarkan uang atau alat pembayarayang sejenisnya untuk membayar barang atau jasa. Ringkasnya, wisata+belanja = jalan-jalan sambil menghambur-hamburkan harta pusaka yang ada. Oh tidak! Bisa dikutuk tujuh turunan saya.
(Mulai kumat lebaynya).

Baiklah, mari kita lanjutkan. Saat kalimat-kalimat unik semacam itu terlintas dengan cepat di pikiran saya, rasa penasaran saya kembali bergejolak. Kira-kira, apa yang bakalan terlintas di pikiran orang-orang tentang wisata belanja ya? Mengapa tidak saya cari tahu? Aha, fantastis, seketika saya dapat menemukan ide tulisan yang cukup keren untuk disajikan kepada para pembaca. Wah, senangnya.

Nah, cerita punya cerita, iseng-iseng punya rencana, akhirnya saya memutuskan suatu perkara yang luar biasa. (Hedeh, mau bilang “planning” aja ribet amat nie orang). Saya mencoba mengadakan survey dadakan mengenai apa sih yang terlintas di pikiran orang-orang, khususnya para anak muda Aceh, tentang wisata belanja di Banda Aceh. Dengan menggunakan metode random sampling, memilih secara acak teman-teman yang sedang online di facebook, dengan serta merta akhirnya saya berhasil mengajak beberapa orang dari mereka untuk ikut mengkontribusikan pemikirannya mengenai topik wisata belanja ini.
(Ya ampun, bilang “ngajakin chating” aja, penjelasannya panjang nauzubillah).

Akhirnya, saya berhasil menghimpun lebih kurang 15 orang responden yang masih bisa disebut anak muda, ya minimal sebut saja masih berjiwa mudalah, dengan latar belakang, jenis kelamin, profesi, dan kegemaran yang berbeda. Nah... orang-orang ini bukanlah sembarang orang. Mereka adalah orang-orang yang baik hati, tidak sombong, punya wawasan yang luas, senang berbagi informasi, rajin berdiskusi, rajin memberi solusi dan juga rajin online tentunya. Canda.
(Ya, minimal di hari saat saya wawancarai. Kalau gak online, gimana mau diwawancarai. Ya kan, ya donk. Bener kan, bener donk).

Ternyata, diluar dugaan, respon yang diberikan oleh teman-teman bermacam ragam. Dari yang jawabannya serius abis, sampai yang jawabannya lawak tenan. Dari yang menjawab pakai rasa-rasa, sampai yang menjawab pakai analisa. Dari yang bergaya logis, sampai dramatis. Nah... penasaran? Sama, saya juga.
(Waspadalah, penulis blog ini korban iklan).

Berikut saya sajikan beberapa pertanyaan seputar “wisata belanja” beserta dengan respon dari para responden survey dadakan via online suka-suka saya. Oh ya, sekilas info, sebahagian nama responden tertera, yang berati mereka bersedia jika nama mereka disebutkan di dalam tulisan ini. Namun ada pula responden, yang tidak ingin namanya dipublikasikan, maka untuk menjaga privasi dan kenyamanan mereka, nama-nama responden tersebut saya gantikan dengan inisial saja.
(Kata dosen aye, itu kode etik penelitian namanya).

Wokeh, kita langsung lanjutkan saja ya. Berikut ini saya sajikan hasil survey online suka-suka saya mengenai pendapat anak muda Aceh tentang wisata belanja di Banda Aceh. Penasaran? Sama, saya juga. Ayo, kita intip sama-sama.

***


# Wisata Belanja, apaan sih?

http://www.tnooz.com

1. Apa yang pertama kali terlintas di pikiran rakan-rakan ketika saya menyebutkan kata "belanja"? Atau, apa yang rakan-rakan rasakan ketika ada yang mengajak pergi berbelanja?

[Ikhsan-Mahasiswa]: "Belanja itu identik dengan pasar. Pasti lama, muter-muter, becek, bau.”
Komentator: Waduh, ngapain muter-muter sih bro, tawaf kok di pasar?

[Niken Astri-Talent ]: Belaja itu identik dengan “pasar, ngilangin stress.”
Komentator: Kalo gua mah, nambah stress. Kumatnya sih abis belanja gitu. Hohoho... Sekilas info: ini Niken KDI, penyanyi berbakat asal Aceh itu lho.

[Rikki-Web Programmar]: Belanja itu “pastinya mengeluarkan uang.”
Komentator: Wah... kagak bro... maksudnya kagak salah lagi. Kembali sekilas info: ini dia programmar yang membangun website untuk komunitas LTF lho.

[Rahmi-Mahasiswi Program Magister]: Belanja itu ” uang, minimal hrus ada uang buat bl minum kalo udah cpek muter2..hehhe.”
Komentator: Ternyata rame juga yang suka muter-muter pasar. Hmm... simulasi sebelum naik haji kali ya? Peace. Kembali sekilas info: Beliau saya wawancarai saat berada di Malaysia lho, melalui Facebook tapi (gagal dramatis).

[WS- Mahasiswi yang tidak suka statistika]: Belanja? “Kalo kami sih kak, gak terlalu tertarik. Apalagi kalo kondisi keuangan lagi seret.”
Komentator: Gimana kalo keuangannya ngesot dek? Hedeh... bisa-bisa belanja tinggal kenangan. Oh ya, lagi-lagi, sekilas info: jika rakan-rakan penasaran mengapa keterangan nama sang responden panjang gitu? Jawabannya karena permintaan. Jel?

[Sri- Karyawati]: Belanja itu “cuci mataaaaaaaaaa hasek.”
Komentator: Jiakkk... bus**  (Jujur amat ni orang!)

[HIJ- Karyawan]: “Pikiran bagi kami cowok, kalo istri ajak belanja, ka peng tubit lom, siat at blo baje baro.”
Komentator: Yaelah bro, terima aja. Selagi ada kesempatan. Sayang istri, mudah rejeki. Haseekkkk).

[Muziburrahman-Konsultan]: Belanja itu “pengeluaran.”
Komentator: Tapi kalau orang pada permisi ke kamar mandi, kok gak pernah nyebutin mau belanja sih bro? (Berpikir keras).

[IBH-Penggiat Seni dan Penulis]: “Belanja adalah ritual moderen bagi kaum urban yang dalam level ekonomi rata2 menengah ke atas. mendengar kata belanja bagi mereka yang sama sekali tidak lebih secara ekonomi adalah belanja semacam peralatan dapur semata. karena belanja versi kaum urban yang lebih secara materi adalah lebih sebgai gengsi semata. bukan pada titik untuk bernilai guna. belanja menjadi gaya hidup. bagi saya pribadi, belnja adalah membeli barang bernilai guna. bukan bernilai gengsi.”
Komentator: (Jelep... buka google translate dan kamus oxford ---  penulis blog ini salah gaul).


2. Baiklah, selanjutnya menurut rakan-rakan, wisata belanja itu apa sih? Apakah sama seperti belanja biasa atau justru ada yang berbeda?

[Ikhsan-Mahasiswa]: Wisata belanja itu belanja “ dari satu pasar ke pasar lain. ex: pasar ule kareng, lanjut ke pasar peunayong, lanjut ke pasar lambaro. Kegiatannya ya sama saja, pegang kantong belanjaan, ngekor kemana momi pergi, jadi supir.”

[Niken Astri-Talent]: Wisata belanja “ sama lah.. belanja.. pasti ada yg dibeli utk dikonsumsi.. tp mungkin lbh bnyk yg spesial kali yaa.. misalnya khas-khas aceh yg tidak ditemukan di daerah lain.”
Komentator: Kayak tulisan aku donk, khas dan gak ada duanya gitu. Kipas-kipas diri pakek kipas sate.

[Noka-Mahasiswi]: “Wisata belanja tu.. kegiatan berwisata ke tmpat jualann.. yg serba ada... kegiatann wiasta'a.. belanja belanja aja.. Kalo belanja biasa.. beli brang ug udah d rncanakan terlbih dahulu mngkin.. tapi kalo wisata blanja.. beli suatu brang tu gk da rencana.. pas ada yg mnarik beli.”
Komentator: Kalau pedagangnya menarik? Dibeli juga dek? (gubrak).

[Rikki-Web Programmar]: “Wisata belanja terdengar seperti berbelanja namun tidak hanya pada satu tempat,, yaa example : wisata kuliner."
Komentator: Logika programmer banget sih. Jika A maka B. Jika wisata kuliner = makan dibanyak tempat maka wisata belanja = belanja di banyak tempat. Super!

Rahmi-Mahasiswi Program Magister]: “Ya mkna lain, yang namanya wisata psti special. Gt jg dgn wisata blnja. Beda dong wisata blnja dgan skedar beli telor di warung dekat rumah. heheh... Kalau esensi yang membedakan belanja dengan wisata belanja sepertinya hanya di taste n imajinasi mngkin kalo kita prtekkan sama, tp kalo dibayangin jlas beda.”

[Sri- Karyawati]: Wisata belanja “klo sri pribadi ngedengarnya pasti akan dihidangkan dengan karya2 anak negri neh. plus d ajak langsung k t4 produksi.”
Komentator: Keren! Setuju pakek banget.

[Farhani-Pemenang ONMIPA]: “Wisata belanja bagi saya belanja yang tidak hanya mengenai memenuhi kebutuhan belaka (terkadang yang diblnjakn bukan kebuthan). Tetapi ttg mencari kesenangan dari kegiatan belanja tersebut.”
Komentator: Hati senang walaupun gak punya uang ooo.

[MI- Mahasiswa kandidat PIMNAS]: “Belanja tu untuk kebutuhan, sedangkan wisata belanja untuk keinginan.”
Komentator: Mantap!

[IBH-Penggiat Seni dan Penulis]: “Wisata belanja adalah transormasi makna belanja agar kedengaran lebih bersahabat. kelihatan murah dan santun dalam mengiklankan barang. penggabungan antara nilai wisata dalam belanja hanya untuk mendongkrak penjualan semata.”
Komentator: Pecitraan dalam pedagangan. Wow, saing-saingan sama para caleg donk.
***

Baiklah rakan-rakan, kita sama-sama sudah melihat beragam definisi dari para respoden survey online suka-suka saya. Cukup asik untuk dibaca ya kan? Disadari atau tidak, padahal sekian banyak pendapat yang dicurahkan tadi itu hanya berasal dari deskripsi “wisata” dan “belanja” lho. Nah... bagi rakan-rakan yang mempunyai definisi dengan versi unik dan berbeda, silakan ditulis dikomentar blog ini ya. Pastinya bakalan makin seru.

Selanjutnya, terlepas dari segala jenis definisi di atas, jika kita merujuk ke situs online Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita dapat menemukan bahwa kata wisata itu berasal dari kata benda yang artinya berpergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan dan bersenang-senang, dsb); tamasya. Selanjutnya, menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan, wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati objek dan daya tarik wisata.

Dalam sebuah blog travelling yang juga membahas tentang wisata belanja disebutkan bahwa wisata belanja adalah merupakan suatu aktifitas wisata dengan mengunjungi daerah tertentu yang menyediakan berbagai barang atau jasa untuk dibeli. Ok, saya ulangi, wisata belanja = berkunjung+barang/jasa+beli. Wah, simpel sekali ternyata definisi dari wisata belanja ya rakan-rakan?
***

# Efek Positif dan Negatif Wisata Belanja

dreamstime.com


3. Menurut rakan-rakan, apa sih efek positif dan negatif dari wisata belanja?

[Noka-Mahasiswi]: “Koc efek positif'a kita senang pasti'a blanja brang2 yg mnarik mnurut kita... tpi negatif'a menguras isi dompet.”
Komentator: Iyaaakkkk.... saing-saingan sama bak mandi donk.

[Rikki- Web Programmar]: “Positif-a,, menambah wawasan atas apa yg kita lihat dan kita belanja,, karena produk tiap daerah berbeda meski 2014 ini sudah tren dengan export import namun jangan khawatir,, pasti produsen tetap utamakan produk lokal,, nah,, untuk negatif-a mungkin ya itu,, butuh dana untuk itu smua,, meski berwisata hanya lihat2 saja dengan berbelanja alakadar si kantong,, hohohoho.”
Komentator: Saya sih gak mikirin kantong, yang penting isi dompetnya bro. Lho, sama aja kali ya (garing).

[WS- Mahasiswi yang tidak suka statistika]: ”Efek positif: sarana refreshing, efek negatif: kantong kering.”
Komentator: (Terkesiap, seakan tak mampu menerima pahitnya kenyataan hidup. Lebaynya kumat lagi).

[Sri- Karyawati]: “Efek positiv lebih tau krya yg kental d daerah itu, mutunya bs lebih terjamin, investasi, peluang cinta produk rumah sendiri, ajang perantara promosi daerah sendiri. Negatif ummmmmmmm kalo kebanyakan beli ya bokek deehh,, jadi lbh enak@ d guide utk bs nyaranin wisata belanja yg baik.”
Komentator: Guide untuk wisata belanja? Hmmm... Ide yang menarik.

[MI-Mahasiswa kandidat PIMNAS]: "Positif : ekonomi kreatif semakin meningkat. Negatif : terjadi kesenjangan sosial antara yang mampu sama yang gak."
Komentator: Bisa jadi, bisa jadi.

[Muziburrahman-Konsultan]:"Wisata belanja sebetulnya turut berkontribusi menyehatkan tubuh, apa lg jika dilakukan sambil jalan kaki. Namun negatifnya dpt membentuk budaya konsumtif."
Komentator: Belanja ke pasar sambil dengerin musik “Lari Pagi” karya H.Rhoma Irama. Iyaaakkkk).

***

# Wisata Belanja Ideal

4. Menurut rakan-rakan, wisata belanja ideal itu seperti apa? (Boleh ditinjau dari suasana, tempat, barang yang diperdagangkan, dan sebagainya).

[Ikhsan-Mahasiswa]: Wisata belanja yang ideal itu ketika “pergi ke pasar sama istri.”
Komentator: Jangan kentara kali lah bro masih ngejomblo. Peace!

[Niken Astri-Talent]: “Yg paling utma tempatnya bersih dan gak keganggu dengan pengemis. Sorry bukan ga suka pengemis. Tapi, itu buat wisatawan ga nyaman. Lbh ke image daerahnya sih.”

[Noka-Mahasiswi]: “Wisata belanja ideal... koctmpat'a tu barang'a serba ada.. unik unik.. teros tmpat'a rame di kunjungi orang...suasana'a rame orang yang berbelanja disitu... tross harga'a bisa tawar menawar.”
Komentator: Wokeh!

[Rikki- Web Programmar]: “Yaaa klu riki sii,, berwisata sii bole saja,, namun,, belanjalah seperlunya saja,, kebutuhan premier. Toh pada wisata belanja juga terdapat barang kebutuhan premier. Bagi riki wisata tu hanya untuk menambah ruang lingkup wawasan,, dan sampingan-a adalah belanja.”
Komentator: Bijak sekali, pasti sehari-harinya lebih sering makan garam dibandingkan nasi. Peace!

[Rahmi-Mahasiswi Program Magister]: “Suasana@ ramah baik pmbeli maupn pnjual, tempatnya adem atau stidaknya bukan dibwh mtahari lngsung, bs aja di daaerh prpohonan...yg pasti hrganya murah n kualitas bgus.”
Komentator: (Catat).

[WS-Mahasiswi yang tidak suka statistika]: “kalo tempat nya harus yang mudah dijangkau (ada transportasi yang menjangkau lokasi) suasananya harus bersih, nyaman, penjualnya ramah, dan keamanan paling penting.”

[SD-Pengajar]: “tempatnya yg nyaman...ada fasilitas ibadah yang sgt memadai & toilet yg sanitasinya baik.
Komentator: Asli... toiletnya... pak, tolong ya pak, tolong.

[HIJ- Karyawan]: “kalau bisa wisata belanja cocoknya di tempatkan di tempat wisata alam, sekalian menjual kreatifitas daerah, jadi disitu terdapat 2 kepuasan, pertama kepuasan dalam belanja, kedua kepuasan karna bisa rekreasi.”
Komentator: Kepuasan lahir batin gitu ya bro?

[MI- Mahasiswa Kandidat PIMNAS]: “Wisata belanja tu bagusnya diisi sama produk2 dalam negeri aja, ditempat2 wisata gitu. kenapa produk lokal, karna lebih murah, kenapa tempat wisata karna biar kesenjangan sosial semakin kecil.”
Komentator: Setuju. Ngaku diri orang Aceh? Kreatif donk.

[IBH-Penggiat Seni dan Penulis]: “Sya kira, pengelola wisata tahu benar bahwa wisata belanja itu yang dijual hasil kreatifitas rakyat. yang melahirkan produksi tidak secara massal layaknya produk yang dimodali secara mapan. sekarang yang terjadi malah, dengan wisata belanja malah membunuh produk masyarakt. karena produk masyarakt yang dihasilkan sedikit itu kalah dengan produk massal perusahaan.”
Komentator: Aaapa??? 

***

# Wisata Belanja di Banda Aceh

5. Menurut rakan-rakan, di manakah tempat yang telah layak atau akan menjadi layak dijadikan sebagai tempat wisata belanja?

[Ikhsan-Mahasiswa]: “Pasar Lambaro.”

Pasar Lambaro (acehtourismagency.blogspot.com)

Rahmi-Mahasiswi Program Magister]: “Kalo tdsional di peunayong.”

http://liza-fathia.com/peunayong-gampong-cina-di-tanoh-rencong/

[Sri-Karyawati]: “Di blang padang deh ato taman ratu safiatuddin, dua2nya dekat mesjid,, bisa sekalian dakwah.”

Gunongan

[HIJ- Karyawan]: “Di ule lhe.”


[Farhani-Mahasiswi ONMIPA]: “Pasar Aceh sebenarnya cukup layak, hanya perlu ditata lebih baik. Akan sangat baik, bila semua tempat wisata di Banda Aceh punya tempat belanja yang dekat dg lokasi, karena akan memudahkan wisatawan untuk berblanja.”

Pasar Aceh (inbandaaceh.com)

[MI-Mahasiswa kandidat PIMNAS]: “Taman sari sama putro phang, sampeng musium tsunami. Kenapa? Karena dekat sama pusat kota, kalo capek belanja bisa istirahat bentar dibawah2 pohon.”

http://bandaacehkotamadani.wordpress.com/2012/08/23/taman-sari-banda-aceh/
http://musikanegri.blogspot.com/2014/01/tempat-wisata-di-banda-aceh.html

[Muziburrahman-Konsultan]: “Kalo yg betul2 ideal sih gak ada, namun yg dpt dijadikan referensi ya pasar aceh jika unt fashion, peuniti unt handphone, peunayong unt pasar tradisional, pocut baren unt IT. Oh ya, simp mesra dan ulee lheu unt kuliner.”

[IBH-Penggiat Seni dan Penulis]: “Di banda aceh sudah banyak dibuat tempat belanja wisata tapi satupun tidak hidup selayaknya. Contoh misalkan, di ulele taman tepi laut itu, di ateuk pahlawan dll. semua mati sendiri. ini menandakan bahwa kelola wisata belanja masih cilet2. Malah, toko souvenir yang dikelola swasata yang memuncak. bahkan, merekalah yang menyerap hasil buah tangan masyarkat semisal rencong yang dibuat oleh masyarakat desa baet sibreh. Bisa dibayangkan gak? Seandainya perusahaan dari korea membangun pabrik pembuatan rencong di sibreh. Lalu, mereka memperkerjakan masyarakat d sana untuk kebutuhan wisata belanja. Yang di ulele itu mati sebelum bersemi. yang dekat kantor dinas pariwisata banda aceh itu. Solusinya, dekranas itu jangan egois dong. Mereka bagi itu modal yang selangit untuk UKM masyarakat. Mereka jadi marketing saja.”

Souvenir Rencong Aceh (http://img.youtube.com)

Nah... itulah sekilas pandang tentang seputar informasi wisata belanja di Banda Aceh. Demikianlah hasil ramuan survey online suka-suka saya yang sudah saya sajikan ke dalam tulisan blog ini. Semoga ada manfaatnya. Saya berharap, rakan-rakan semua dapat menikmati tulisan ini selayaknya menikmati kelezatan rujak Aceh. Sudah pada tahu rasa rujak Aceh gimana? udah pernah mencicipinya? Kalau belum, beli dunk, masa cuma ngeliuran doank di depan layar. Mari berkunjung ke Aceh. Nikmatilah anak muda, kesempatan untuk berwisata belanja di Banda Aceh, jangan lagi tunda-tunda. Segera!

Rujak Aceh (http://iloveaceh.tumblr.com/)

***


Catatan:
Alasan saya menuliskan tulisan ini:

Lukisan Kota Banda Aceh di Masa Silam

Pertama, sebagai hadiah bagi kota kami tercinta, Banda Aceh, yang akan mencapai umur ke-809 tahun pada tanggal 22 April 2014 ini. Semoga Allah memberkahi kota ini beserta penduduk di dalamnya. Aaamiin.....

Kedua,sebagai bukti bahwa menulis itu mudah dan nagih. Gak percaya? Coba deh cek lagi status-status kamu yang udah pada banjir di facebook atau twitter. Coba aja dirangkai menjadi tulisan yang lebih bermakna di blog-blog terdekat. Masalah hasil tulisan kita itu kurang keren, kurang mutu, kurang mantap (selama gak kurang ajar aja, hahaha...), itu semua mah urusan pembaca. Urusan kita ya nulis, itu aja kok repot. Namanya juga belajar.

Dan alasan ketiga tulisan ini dibuat adalah untuk ikut meramaikan dan menyemarakkan kompetisi blog Banda Aceh yang diselenggarakan oleh para blogger-blogger keren Aceh tentunya. Walau tulisan ini rada-rada nyampah gitu, kan gak apa-apa. Yang penting nimbrung dulu, ya gak? Siapa tau entar kecipratan keren plus ilmu dari teman-teman blogger lainnya, kan lumayan. Wokeh, sepertinya saya sudahi dulu tulisan ini sampai di sini ya. Terima kasih bagi rakan-rakan yang sudah bertandang ya. Ditunggu komentarnya. Wassalam.



Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Wisata Belanja Versi Anak Muda Aceh"

  1. Dari sekian banyak catatan dan tulisan lomba, menurut saya ini yg menarik, mengupas dari sisi berbeda dan semoga layak juga jadi sang jawara. :)

    BalasHapus
  2. *) Gaya jawaban sopan: Alhamdulillah... terima kasih Aulia sudah berkunjung. Terima kasih juga atas respon yang sangat positif. Tapi jujur, masih terasa banyak sekali kekurangan dalam tulisan saya. Mohon terus dibimbing dan diajari agar kelak kedepan semakin baik. :)

    *) Gaya jawaban gokil: wow, thanks ya bro atas komentarnya. Wah, menarik ya tulisannya? Syukur dah, emank sih, gimana ya bilangnya. Penulisnya aja udah menarik, kali kecipratan pesona gue, bener gak bro? :D

    BalasHapus
  3. Itu bener bangit sis, tetap semangit dan cemungud. Menulis itu perkara mudah, lebih mudah dari tidur malah. Karena menulis adalah mencatat sejarah yang lalu, lewat ngeblog kita bisa mengulang sejarah yang lalu.

    Tulis aja apa yang ada, pakai saja gaya yang ada, jgn terpaksa dengan gaya orang lain, jadi diri sendiri lebih ganteng dari pada diri orang lain. Menurut aku sih yes, tp gak tahu mba titi :LOL:

    *sungkeman sama founder LTF Aceh :D

    BalasHapus
  4. Jaldess! Lomba rupanyaaa... hahaa.. :) yg di wawancara dpt apa yya ntar klo menang? #komporminyak

    Btw Nice ayuu ;)

    BalasHapus
  5. Jakdes! Lomba rupanyaaa... haha

    Ayu mmg beken. Tulisannya keren :)

    BalasHapus
  6. Wah... ada Vina. Makasih udah datang menjenguk ya!!!

    Wow, banyak yang do'ain MENANG nie. Aminin aja deh. Siapa tau mustajab, secara yg ngedo'ai istri shalehah (iyaaakkk....).

    Oh,itu teman2 relawan vin. Untuk hadiahnya... ya, ayu kasih dah...
    Terenggggg:
    Bagi yang mau, boleh kok, foto bareng plus dapat tanda tangan dari Ayu.

    BalasHapus
  7. Mantap Banget Tulisan ya.
    Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

    BalasHapus
  8. tulisan yang menarik. semoga sukses. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah datang berkunjung ya teman-teman!!!

    Aceh Planet: Udah daku kunjungi websitenya, wuih... keren amit. Gimana sih cara ngebikinnya? Pakek flash ya? Ajarin donk!


    Cek Ly: Iya, udah kok dikunjungi. Bagus eee tulisannya. Suka kami. :)

    Ijal: Yup. Udah dikunjungi juga ya. Keep on writing dude!

    BalasHapus
  10. ya flash. buatnya sampe 1 minggu gax tidur-tidur. heheheh

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya!
Besok-besok mampir lagi ya!


(Komentar Anda akan dikurasi terlebih dahulu oleh admin)