7 September 2017

Sensasi Bekam Wajah Kali Pertama, Berani Coba?



"Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah Alhijamah (bekam)" [HR. Ahmad-Sahih]

Untuk menjadi cantik, kebanyakan wanita tak segan memakai berbagai produk kecantikan. Di samping berbelanja, para wanita tentu senang merogoh kocek ekstra demi penampilan yang maksimal. Dari treatment kecantikan sederhana hingga kontruksi ulang wajah ala-ala korea yang memakan biaya puluhan juta. Semua dilakoni hanya untuk merasakan kepuasan mendapatkan predikat "cantik". Namun apakah menjadi cantik akan memastikan kalau kita sehat? Belum tentu  dong.

Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman pertama saya merasakan perawatan kesehatan dalam bentuk bekam estetika alias bekam wajah. Huahhh... serius, awalnya saya mikir seribu kali untuk melakukan perawatan ini. Secara wajah bakal ditusuk-tusuk dengan jarum, terus darah di wajah disedot dengan cup khusus gitu. Kebayang gak sih ektreamnya?

Tapi, walau ngeri, saya akhirnya mencoba perawatan ini, mengapa?
Pertama, bekam itu salah satu perawatan kesehatan yang tereferensi hadist nabi.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada bekam itu terkandung kesembuhan.” 
(Kitab Mukhtashar Muslim no. 1480, Shahihul Jaami' no. 2128 & Silsilah al-Hadiits ash-Shahiihahno. 864, karya Imam al-Albani)
 
Kedua, saya sudah pernah melihat sendiri prosesi bekam wajah dan badan di tempat yang terpercaya.


Nama tempatnya "Kemala Muslimah".  Tempat perawatan kecantikan dan kesehatan khusus perempuan. Tempatnya nyaman, biayanya ekonomis, prosesnya islami dan pegawainya ramah-ramah lho. Alamatnya di Jeulingke. Kalau dari Darussalam, posisinya sebelum SPBU Asrama haji, dekat bengkel sebelum deretan nasi uduk. Ini tempat perawatan kecantikan yang rekomended di Banda Aceh, insyaAllah.

Ketiga, simple dan biayanya terjangkau. Sekedar informasi, saya tergolong jenis manusia yang paling tidak mau rempong dengan urusan dempul-dempulan make up ke wajah. Kamu juga? Oke, tos dulu. Untuk perawatan sehari-hari, saya cukup menggunakan skin care dan lip balm doang, so simple

Hal terpenting yang harus kita sadari bersama adalah setiap orang memiliki sisi kecantikan masing-masing, Tidak usah repot dan khawatir dengan standardisasi kecantikan yang digaungkan oleh para beauty pageant, MUA atau Vlogger kecantikan. Rata-rata mereka melakukan itu semua demi bisnis kok, belum tentu demi kamu. So, selama kamu tetap menjaga pola makan yang sehat, rajin mengkonsumsi air putih, kontinu melakukan olah raga, membersihkan wajah secara teratur dan mampu mengatur pola tidur yang benar, yap tepatnya selama kamu tampil sehat dan segar, kamu cantik kok.

Oke, kita lanjut ke pemaparan prosesi perawatan bekam wajahnya ya.

***
Mulanya, wajah kita dibersihkan. Tujuannya agar pori-pori kulit wajah terbebas dari debu dan kotoran. Kemudian wajah akan diberikan cream dan dilanjutkan dengan prosesi massage. Nah, treatment pijat wajah ini yang paling saya sukai. Rasanya nyaman banget kan ya. Selain bersih, massage wajah menjadikan titik-titik saraf di sekitar wajah, kepala dan tengkuk kita menjadi rileks. Sembuh dah segala gundah, galau merana dan insomnia selama ini.


Setelah wajah selesai dimassage, mulailah prosesi bekam estetikanya. Deg-degan deh, jujur kaki saya sempat dingin awalnya. Tapi ternyata, jarum yang digunakan super mini dan alat-alat bekamnya sudah disterilisasi, aman deh. Rasanya seperti wajah kesemutan, jarumnya hampir tidak terasa tapi ada juga beberapa titik wajah yang agak perih saat ditusuk, Perihnya itu sekayak kita dibersihkan komedo saat facial treatment. Rada-rada netesin air mata satu dua bulir sih.

Dari pada ditusuk jarum, saya lebih terkejut dengan sedotan cup bekamnya. Secara darahnya muncrat gitu.  Gimana kalau darahnya tidak berhenti, gimana kalau terjadi pendarahan, tidaaakk.... serius saya sempat melebay begitu dan meminta kepastian kepada ahli bekamnya. 

Alhamdulillah, ternyata semua baik-baik saja. Memang benar jika terdapat beberapa titik wajah yang darah di dalam cupnya lebih banyak keluar. Itu menandakan bahwa tubuh kita memiliki masalah pada bagian tertentu. Sesuai petunjuk titik bekam dengan cup darah yang lebih banyak keluar. Untuk keterangan titik bekam wajah dengan kondisi tubuh bisa dilihat melalui gambar ini.


Kalau pengalaman saya pribadi, darah kotor yang lumayan banyak keluar berada di pipi kiri dan dahi alias bahagian kepala. Please deh, bukan karena fiktor yah. Hahaha....

Nah, benar seperti yang dikatakan ahli bekam kecantikan tadi bahwa darah berhenti dengan sendirinya. Coba lihat deh gambar di bawah ini, darah di bagian pipi sudah berhenti namun darah di dahi masih keluar. Oh ya, hal yang paling menakjubkan lainnya tentang bekam adalah darah yang keluar tidaklah cair namun berbentuk gumpalan dan lendir gitu. Menjijikkan sih, namanya saja darah penyakit. Kalau darah sehat mah, didonor aja. 




Keseluruhan proses bekam estetika menghabiskan waktu yang tidak lama, sekitar 1 jam saja. Harga bekam estetika di rumah kecantikan Kemala Muslimah hanya Rp. 135.000 saja. Bagi kamu yang mendaftar diri menjadi member, harganya lebih murah lagi lho Rp. 125.500, hemat banget kan?

Untuk yang mau melakukan massage dan bekam badan, boleh juga kok. Contohnya ummi saya yang mengeluh badan dan lengan yang keram. Kata Beliau, biasa orang tua memang badannya sering kerake (bahasa Aceh-kebas dan tidak elastis lagi). Ummi paling tidak suka mengkonsumsi obat-obatan kimia, so saya bawa saja Beliau untuk massage dan bekam badan di rumah kecantikan Kemala Muslimah. Alhamdulillah, dengan hanya merogoh kocek senilai Rp. 80.000 untuk massage tradisional dan Rp. 85.000 untuk bekam badan, seluruh badan ummi menjadi segar dan gerakan tubuhnya mulai elastis kembali.

Nah, setelah keseluruhan proses bekam estetika selesai, akhirnya beginilah tampilan wajah saya untuk beberapa hari kedepan (fotonya sudah saya blur sedikit, habis malu, asyik kena bully orang rumah gegara tanda di dahi itu). Sebenarnya, bekas bekam akan sembuh secara alami. Untuk mempercepat proses penyembuhan bekas bekam, kompres saja bagian bekam dengan menggunakan es (di hari yang sama di saat selesai bekam). Kemudian, untuk hari-hari selanjutnya, oleskan saja minyak kayu putih cap ayam. Sangat disarankan untuk tidak memakai bedak, foundation atau alat make up apa pun selama penyembuhan bekas luka bekam kecuali skin care ya. Tujuannya agar kulit tetap bersih alami dan tidak terkontaminasi. Ditakutkan jika memakai make up di atas kulit bekas bekam, kulit akan menyerap make up tersebut dan tara... timbulah brutus-brutus, jerawat dan flek pada muka di kemudian hari. Gak mau kan?


Sedari tadi ngomongi perawatan cewek mulu, cowoknya gimana?
Nah, untuk kamu para cowok-cowok tampan luar dalam dan peduli kesehatan. Kamu juga bisa mendapatkan treatment bekam serupa di Baihaqi Bekam (dekat SPBU Lambhuk) Banda Aceh. Rencana saya mau bawa adik laki-laki saya juga ke sana. Secara jerawat si doi, nauzubillah banyaknya. Biasa anak muda, gak ada jerawat, gak rame katanya, beuh.  

Baiklah, itu saja cerita untuk postingan kali ini. Bagi kamu-kamu yang ingin sharing tentang pengalaman bekam atau ingin bertanya, silakan komen di bawah ya. Oh ya, kali ini saya menghadirkan bonus spesial untuk kalian semua. Vlog pertama saya tentang bekam bisa kamu lihat di sini. Please comment, like and subscribe videonya ya. Ditunggu. 💖😍💖


Reaksi:

2 komentar:

Yelli Sustarina mengatakan...

Wuiiiiih, penasaran mau coba. Kalau mukanya lagi tumbuh jerawat bisa bekam nggak ya?

www.ayuulya.com mengatakan...

Boleh banget dek Yell.
Kuy, langsung aja ke Kemala Muslimah.

Untuk info lebih lanjut, boleh langsung hubungi nomor kontak mereka ya.