Alamat Ruang Memorial Perdamaian Kesbangpolinmas Aceh


Hal pertama yang terbersit di dalam hati saya ketika diajak mengunjungi Ruang Memorial Perdamaian oleh teman-teman komunitas Gam Inong Blogger (GIB) untuk pertama kali kira-kira seperti ini "wah, ternyata ruang gituan ada ya?". Sumpah, bukan nyinyir tapi pertanyaan tersebut murni respon kesadaran yang saya peroleh atas ketidaksadaran saya akan keberadaan ruang tersebut selama ini. Ternyata terdapat sebuah ruang khusus yang didesain oleh pihak Kesbangpol dan Limnas Aceh sebagai pusat ilmu pengetahuan dalam rangka mempelajari manajemen konflik dan damai di Aceh.

Kita semua tahu bahwa 15 Agustus 2017 telah menjadikan deklarasi perjanjian damai antara Pemerintah RI dan GAM  dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) berumur genap 12 tahun. Namun saya yakin tidak semua orang sadar bahwa keberadaan ruang memorial perdamaian tersebut telah diresmikan sejak tahun 2015 silam.

Jl. Tgk. Malem No.8, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 24415, Indonesia
Alih-alih mengklarifikasi isi ruangan, pada awal kunjungan, saya justru berhasil membuat jengkel salah seorang anggota GIB hanya karena tidak mengetahui alamat kantor Kesbangpolinmas Aceh. "Ya ampun Ayu, itu lho, kantor Kesbangpol letaknya di antara lorong gedung DPR Aceh dan halte. Bukan halte simpang 5 ya. Tau kan gedung DPR yang besar itu? Kalo enggak, harus tepok jidat". Saya pun merasa krik-krik, syalalala, wong memang saya tidak pernah ke sana.

Setelah celingak-celinguk lorong-lorong di sepanjang jalan T. Panglima Polem. Plus buka-tutup petunjuk di WA, google map dan internet. Akhirnya, tara... saya menemukan gedung yang dicari-cari. Segitu senangnya? Iya dong. Nah, begini tampak depan gedung Kesbangpolinmas Aceh.
 

Setiba di gedung tersebut, saya langsung beranjak menuju teras depan gedung kesbangpol. Niatnya sih mau bertanya kepada satpam setempat di mana kiranya letak ruang memorial perdamaian tersebut. Namun ternyata tidak perlu. Mengapa? Karena letak ruang memorial perdamaian persis berada di sisi kanan lobi utama gedung ini. Senangnya bukan kepalang. Ditambah lagi setiba di depan pintu ruangan salah seorang pegawai kesbangpol langsung bertanya sambil tersenyum "mau minum apa?". Saya yang bingung dengan todongan pertanyaan super ramah bak di kafetaria itu hanya mampu menjawab singkat "teh dingin". Andai dari awal saya tahu suhu ruang memorial perdamaian ini super dingin plus minuman yang diberikan gratis, seharusnya saya pesan sanger hangat porsi jumbo saja ya. Hahaha...

Oh ya, ruang memorial perdamaian tidak hanya boleh digunakan oleh para peneliti dan akademisi namun juga terbuka untuk umum. Teman-teman boleh menggunakan ruang tersebut untuk FGD, membaca buku dan belajar hal-hal terkait manajemen konflik dan perdamaian Aceh. Untuk konfirmasi penggunaan ruang, silakan menghubungi narahubung: Mardian (0852-6008-2221). Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Alamat Ruang Memorial Perdamaian Kesbangpolinmas Aceh"

  1. Yah, masih ada sambungannya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu-uh bang. Yuk kepoin kelanjutannya: http://www.ayuulya.com/2017/08/sejarah-konflik-aceh-dalam-balutan.html

      Hapus
  2. ke depan kalau lupa alamatnya, tinggal klic digoogle dengan kata kunci alamat ruang memorial perdamaian Aceh, langsung keluar blog buk Ayu. thanks... sangat bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga kedepan gak ada teman-teman yang nyasar plus kebingungan lagi untuk berkunjung ke ruang memorial perdamaian.

      Hapus
  3. Waduh... Ngga sabaran nunggu kelanjutan ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah keluar up-date-an ceritanya tuh. Yuk, dibaca.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya!
Besok-besok mampir lagi ya!