29 Januari 2017

Sambal Ikan Asin Peda PULEH HAWA?


Puleh Hawa berasal dari bahasa Aceh yang artinya "sudah terpenuhi keinginan" akan suatu hal. Orang Aceh biasanya sering menyebutkan ungkapan ini ketika sudah puas memakan makanan yang diidamkan. Inilah sebuah filosofi brand  produk olahan khas Aceh yang baru-baru ini dilauchingkan di Banda Aceh. Mengusung tema Authentic Acehnese Culinary House, yang bermakna Rumah Makan Kuliner Asli Aceh, Puleh Hawa meluncurkan produk  perdananya berupa Sambal Ikan Asin Peda.

Penasaran dengan produk ikan asinnya yang menggoda, saya memutuskan untuk menemui langsung owner puleh hawa, @rrifqiakmal, untuk melihat langsung proses pembuatan sambal ikan asin peda tersebut. Mula-mula Rifqi menjelaskan kepada saya bahwa bahan dasar utama dari sambal ini merupakan ikan asin jenis Tenggiri asli Lhoksedu. Ikan asin yang akan digunakan untuk olahan sambal haruslah  berkualitas,  bebas formalin  dan telah dikeringkan dengan baik.   


Setelah itu, ikan asin diolah dengan menggunakan bumbu racikan yang berasal dari rempah-rempah pilihan. Saat ditanyai adakah resep rahasia dalam produk ini? Rifqi menjelaskan bahwa rahasia dari ke-endes-an sambal ini berupa penggunaan bumbu yang berasal dari bahan-bahan alami dan segar. Rifqi juga menambahkan bahwa, produk sambal ikan asin peda puleh hawa tidak hanya menawarkan kenikmatan namun juga berusaha menjaga kesehatan bagi konsumennya. Bagaimana ya caranya? Ternyata oh ternyata, bahan-bahan penyedap tidak alami seperti MSG, pengawet dan konco-konconya tidak digunakan dalam produk Sambal Ikan Asin Peda produksi Puleh Hawa lho. Alhamdulillah ya, sesuatu... 























Uniknya, bukan saja soal kualitas rasa yang dijaga, produk ikan asin peda Puleh Hawa juga menawarkan ragam tingkat kepedesan sambal untuk para konsumennya. Level 1 hingga 5.  Kalau saya sih senangnya di level 3 dan 4. Untuk anak-anak atau orang tua yang tidak terlalu menyukai rasa pedas maka level 1 dan 2 menjadi rekomendasi. Namun bagi para penggila pedas, selamat, si level 5 sudah menanti untuk dicicipi. 






















Setelah intip-intip proses pembuatan dan icip-icip produk ikan asin peda Puleh Hawa, saya jadi penasaran dengan testimoni yang diberikan oleh para konsumen lainnya. Iseng, saya lalu membuka ig: @pulehhawa. Wah, ternyata yang memberikan testimoni bukan hanya konsumen di Banda Aceh namun juga konsumen yang bedomisili di Lhoksemawe, Pidie Jaya bahkan Padang, Sumatera Barat. Wah, makin di kepoin ig: @pulehhawa , semakin teuhawa-hawa (pengeennn-red). 


Bagi kamu yang masih penasaran dan mau mengetahui info terbaru dan terlengkap, yuk kepoin akun PULEH HAWA di:
Ig           : @pulehhawa
Twitter  : @pulehhawa
Blog       :  www.pulehhawa.blogspot.co.id

Sambal Ikan Asin Peda PULEH HAWA, insyaAllah Han Kecewa

Reaksi:

0 komentar: