Cerpan (Cerita Paneuk) !

Dalam bahasa Aceh 'paneuk' itu artinya: pendek. Jadi, Cerita Paneuk = Cerita Pendek.// hehehe (rada maksa). Nah,tadi ceritanya jari saya terpeleset dan akhirnya terjerebab di atas kursor mouse dan ternyata tanpa disangka-sangka dan diduga-duga terbukalah sebuah jendela blog salah satu teman saya yang gokil abis, setelah mengobrak-abrik laman tersebut dan puas ketawa-ketiwi sendiri. Akhirnya saya terinspirasi untuk membuat cerita tentang kehidupan masa kecil saya. Tidak ada salahnya berbagi pengalaman masa lalu bukan? Toh, pengalaman juga cerita kehidupan!



Ketua Geng

Setelah memutar otak sekian lama untuk mencari sisa-sisa sejarah masa lampau *cem betol ja! mengenai status ke-ketua geng-an yang dulu pernah saya sandang ternyata hasilnya nihil. Sampai sekarang saya sama sekali tidak ingat* baiklah... lupakan. Sejak kecil, entah mengapa, saya sudah terbiasa berkawan dengan anak laki-laki. Hampir tidak ada nama anak perempuan di milis pertemanan saya. Jikapun ada, paling sikrak dua krak(satu atau dua orang-ket). Ketika beranjak dewasa, saya sempat mikir 'mengapa eh mengapa gak ada yang mau berteman?, tenenenet'*Roma Irama mode On.

Mungkinkah ada skandal tertentu sehingga mereka pada gak mau di ajak main. Padahal saya kan cuma pengen ngajak mereka (teman cewek-ket) main layangan siang-siang bolong, tangkap ikan di sawah, mandi di irigasi, manjat pohon belimbing, naikin atap rumah tetangga, maen kelereng. Tapi gak ada yang mau,takot panaslah, gak bisa manjat pohonlah, gak bisa naikin layang-layang lah, pokonya serba salah-lah akirnya sebel juga kan!

Mungkin tanpa disadari, disitulah awal mulanya saya mulai gak suka berkawan dengan anak cewek, kesannya mengkek gitu. Nah, sejak saat itu resmilah saya menjadi anggota geng kelompok cowok, satu-satunya anak cewek yang setia mengikuti jejak saya tak lain dan tak bukan ya adik perempuan saya.soe laen yak tem (siapa laen yang mau?-ket).

Berhubung, saat itu rumah saya yang paling banyak pohon dan deket-deket atap rumah tetangga, jadi resmilah rumah saya dijadikan markas geng kami dan mereka pun mengangkat saya menjadi ketuanya. caileee sangar banget cuy!


Harus Pakek Baju Cinderella

Pada masa kecil saya dulu, baju-baju anak perempuan yang sekarang dinamakan baby doll disebut dengan baju cinderella. Walau telah menyandang gelar ketua geng, orang tua saya tetap tidak mengizinkan saya memakai celana jins dan baju kaos oblong. *tanya kenapa? Emank udah pernah saya tanyain, jawaban ortu saya kira-kira begini 'tingkat ka ta pesok baje cinderella mantong nah, jinoe menteng hana feminim peu lom ta peusok jins syit ka mehii anuek agam' (Aceh language).*hehehe..syiiiittt, secreat!


wah.... ternyata masa kecil penuh kenangan...
Cerita selanjutnya bakalan diteusin lagi entar,InsyaAllah. Judulnya:

* Ayo Main Layang
* Bisa Naik, Gak Bisa Turun
* Tidur di Kandang Ayam
* Imaginasi Tingkat Tinggi, dsb






Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cerpan (Cerita Paneuk) !"

  1. sihhiii...pinter bikin cerpen e dia....hahha

    BalasHapus
  2. @kak nova: saya gak ahli membuat CERPEN. Kalo CERPAN alias cerita panuek saya bisa.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya!
Besok-besok mampir lagi ya!