Mengapa Kita Mencari Hal Yang Telah Kita Temukan? ( Part I )


Jika selama ini Anda kelelahan mecari tambatan hati atau siapapun yang menurut Anda akan menjadi orang terspecial bagi diri Anda, namun tak kunjung menemukannya. Maka hanya satu saran dari saya:"berhentilah mencari, dan mulailah memperhatikan !"

Kali ini saya akan membagi beberapa poin nasehat yang saya kutip dari sebuah manga berjudul 'Candy Candy'.

Cerita tentang seorang anak yatim piatu yang tinggal di sebuah panti asuhan bernama Ponny House, sebut saja namanya Candy. Candy adalah seorang anak yang ceria, sangat mandiri, berani, telaten, setia kawan dan suka membantu. Suatu hari Candy diadobsi oleh keluarga kaya raya namun dia pun sengaja berulah nakal sehingga keluarga tersebut enggan untuk mengangkatnya sebagai anak. Hal itu dilakukannya semata-mata karena rasa sayangnya kepada Annie, sahabat terbaiknya,dia tak ingin hidup dalam kesenangan jika sahabat yang disayanginya harus ditinggalkan selamanya.

Nasehat 1: Menjalin persahabatan itu mudah, namun menjaganya sangatlah susah. Seorang sahabat sejati akan mampu membaca perkataan yang tak terucap dari bibirmu.

Namun, malang tak dapat ditolak untungpun tak dapat diraih. Keesokan harinya keluarga kaya raya tersebut kembali lagi ke Ponny House, tetap dengan tujuan yang sama, mengadopsi seorang anak. Tapi kali ini bukan Candy yang menjadi sasaran melainkan Annie. Tanpa sepengetahuan Candy, Anni pun dipanggil ke ruang kepala asrama untuk dimintai keterangan mengenai persetujuan dirinya untuk diangkat menjadi anak. Berbagai iming-iming kehidupan mewah, pendidikan tinggi, pergaulan di lingkungan bangsawan membuat Annie tak kuasa untuk menyatakan 'tidak setuju'. Keesokan harinya Annie pun meninggalkan Ponny House untuk selamanya.

Mendengar kepergian Annie, dengan serta merta Candy segera kembali ke Ponny House. Tapi terlambat, Annie telah pergi dan hanya meninggalkan sepucuk surat. Dengan bergurai air mata Candy membawa dan membaca surat itu di atas sebuah pohon besar, anak-anak memanggilnya dengan sebutan 'father tree', dekat bukit Ponny.'Candy, maafkan aku. Bukan maksudku menyakitmu dengan pergi meninggalkanmu, tapi aku bimbang dan lelah. Sejak kecil kita tumbuh tanpa orang tua, hanya sister ponny dan asistennya yang merawat kita. Mempunyai orang tua merupakan impianku sejak dulu, terlebih lagi keluarga yang mengadopsiku merupakan keluarga terpandang dan baik hati. Maafkan aku karena pergi tanpa memberi tahumu sebelumnya, aku akan rajin mengirimkan surat untukmu. Salam Annie.' Annie, aku tak akan pernah bisa membencimu. Kau sahabatku dan juga saudara bagiku. Aku akan merasa bahagia jika kau berada di sana dalam keadaan yang bahagia pula. Mungkin, aku akan menjadi kesepian dan sangat merindukanmu, gumam hati Candy. Huaahuahua, tangis Candy Pecah. Dia memeluk 'father tree'. Aku tak ingin kehilangan Annie tapi aku juga tak ingin merusak kebahagiaannya. Candy Menangis sampai lelah dan terbaring di atas rerumputan dekat 'father tree'.

Nasehat 2: Sahabat sejati akan membiarkanmu berkembang sesuai dengan jalanmu,dia tak akan membuatmu menjadi orang lain, dia akan tulus dengan kondisimu yang apa adanya dan berbahagia dengan kebahagiaanmu.

Seketika alunan musik indah terdengar dari arah bukit Ponny. 'Kau akan terlihat lebih manis jika tertawa, jangan menangis lagi', sebuah suara di balik pohon mengagetkan Candy. Tiba-tiba seorang anak laki-laki berpewakan menawan, berambut perang dan bermata biru menertawai muka Candy yang sudah belepotan tanah karena menangis. Seketika tangis Candy pun terhenti dan ia pun ikut tertawa, mereka tertawa bersama. Namun, ketika sadar bahwa mukanya belepotan, sesegera mungkin Candy menutup mukanya dan berbalik karena malu. Namun siapa sangka sang 'prince' yang berhasil menghentikan tangisnya tlah hilang dan pergi meninggalkannya, Candy hanya menemukan sebuah pin berwarna emas berbentuk elang yang terjatuh di dekatnya. "My prince, seru candy di dalam hati."

Nasehat 3:Kekasihmu yang sesungguhnya biasanya akan hadir ketika kau sedang dalam keterpurukan dan kegalaun, mereka sering hadir tiba-tiba tanpa diminta. Mereka mampu menghadirkan ketentraman dan keceriaan seketika namun sering pula hilang tiba-tiba.

Sejak saat itu, Candy memulai berbagai pertualang yang sangat dramatis dan beragam. Perih, sedih, senang, suka, gembira derita bercampur menjadi suatu pertualang tersendiri bagi kehidupan Candy. Hingga suatu saat di tengah perjalan hidupnya, untuk kedua kalinya Candy menemukan tambatan hatinya, Anthoni. Cinta pun bersemi di antara kedua insan yang memiliki karakter, latar belakang dan kehidupan yang amat berbeda.

Sebut saja Anthoni, seorang pemuda yang perawakannya sangat tenang, lahir dari keluarga kaya dan terpandang, memiliki hampir segala hal yang dia inginkan. Hal ini 100% berbeda dengan Candy, seorang gadis yatim piatu yang tinggal dipanti asuhan, sifatnya yang riang dan cenderung bising membuatnya dikenal oleh khalayak panti. Candy sangat mandiri, telaten dan tomboi, dia hampir tak memiliki apa-apa kecuali lautan kasih sayang dan cinta. Mungkin hal ini yang tidak dimiliki oleh seorang Anthoni, walau hidup dalam gelimangan harta dan ketinggian tahta. Anthoni hampir tak mendapatkan kasih sayang, ibunya telah meninggalkannya sejak dia masih sangat belia, ibunya mengalami sakit parah. Kehidupan ibunya hanyalah berkisar merawat Anthoni kecil dan kebun mawar miliknya,ya ibunya sangat menyukai mawar. Hingga kini, merawat kebun mawar menjadi hobby tersendiri bagi Anthoni, hal itu dilakukannya semata-mata untuk mengobati rasa rindu kepada ibunya.

Nasehat 4:Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi tak harap kembali. Bagai sang surya menyinari dunia.

Nenek Anthoni adalah orang yang sangat hebat dan terpandang, dia melarang keras hubungan yang terjalin antara Candy dan cucunya, Anthoni.Waktu berlalu, namun larangan dan rintangan tak dihiraukan oleh Anthoni. Baginya, Candy bukan hanya sosok perempuan yang layak dijadikan sebagai kekasih namun sekaligus sahabat yang telah berhasil menerangi hari-harinya yang suram, keceriaan yang dipancarkan oleh Candy mampu membuat Anthoni turut merasakan kebahagiaan yang selama ini telah memudar.

Berbagai pertualangan yang disajikan dalam cerita ini membuatku tertawa dan menangis dalam satu waktu.Ceritanya sangat menggigit dan kasus yang disajikan sangat complicate.

Lain halnya dengan Candy, yang mengira Anthoni adalah sosok prince yang pernah ia temua beberapa waktu yang lalu. Perawakan Anthoni memang sangat mirip dengan sosok prince yang telah mengobati rasa sedihnya karena kehilangan Annie. Namun sepertinya dugaan yang dibangun Candy kurang mengenai sasaran.

Cerita ini mengandung banyak sekali klimaks yang tak terduga, misalnya seperti ini, suatu hari Candy pernah difitnah oleh keluarga Anthoni dengan mengatakan Anthoni tak akan menemuinya lagi untuk selamanya. Candy lantas tak langsung mempercayai rumor tersebut, dia datang ke kebun mawar dan mencoba menemui Anthoni, tapi apa yang selanjutnya terjadi Anthoni benar-benar tak ingin menemuinya. Candy merasa hancur pada saat itu, tak ada seorang pun dikeluarga itu yang menyayangi Candy kecuali Anthoni,namun ketika Anthoni tak lagi ingin menemuinya, maka kemana lagi dia akan pergi. Candy pergi menuju sebuah danau keluarga Anthoni, di sana dia menaiki sebuah boat kecil dan menangis sejadi-jadinya. Bagi Candy, air mata tak pantas diperlihatkan kepada orang ramai.

Terkadang, aku juga melakukan hal yang sama sepertinya.

Setelah kelelahan menangis, Candy pun terlelap di dalam boat. Tanpa disadari tali pengikat boat terlepas sehingga boat tersebut mengalir terbawa arus. Ternyata arus semakin kencang dan boatpun berjalan dengan sangat cepat. Candy terbangun dari tidurnya, dia sangat terkejut melihat bahwa beberapa ratus meter didepannya merupakan ait terjun. Candy kalut dan takut, dia pun berteriak histeris meminta pertolongan namun tak seorang pun mendengarkannya.

Kabar angin mengenai kehilangan Candy akhirnya sampai ke telingan Anthoni, firasat buruk telah merasukinya. Bersamaan dengan Archi dan mr.X (saya lupa, haha) mereka menelusuri hutan dan mencari Candy. Namun, terlambat perahu boat yang ditumpangi Candy telah meluncur bebas bersamaan dengan aliran air terjun.

Dari atas bukit Anthoni melihat bangkai boat yang telah hancur berkeping-keping layaknya hati Anthoni sendiri. Di sisi lain ternyata terdapat seorang pria muda yang sedang duduk bersantai di dekat air terjun bersama dengan para binatang peliharaan kesayangannya.Dia adalah Mr.Albert. Mendengar suara keras dari arah air terjun membuatnya berpindah untuk melihat apa gerangan yang terjadi. Dalam kegelapan malam, Mr. Albert mencoba mencari-cari sosok yang timbul tenggelam di dalam air, diangkatnya lalu di bawa keperapian. Dia tidak menyangka kalau yang digendongnya adalah sesosok gadis kecil, Candy. Dia menyelimuti candy dan mengompresnya. Ketika sadar, candy sangat terkejut melihat sosok yang tak dikenalnya. Dia ingin kabur namun kondisinya masih sangat lemah, namun kebaikan dan keramahan Mr. Albert membuat canddy teringat akan seseorang yang pernah dikenalnya dan dia pun yakin jikalau Mr. Albert adalah sosok yang baik. Tak lama kemudian Anthoni dan kawan-kawan tiba. Melihat sosok Anthoni, membuat Candy kegirangan. Tanpa berdosa Candy pun menyapa Anthoni. Sebuah tamparan tiba-tiba mendarat di pipi Candy, ya tamparan dari Anthoni. Seketika Candy terdiam dan tak mengoceh lagi, hatinya terhenyuh. Ternyata lengkap sudah bukti bahwa Anthoni memang membencinya.

Anthoni pun angkat bicara, 'hal bodoh apa lagi yang kamu lakukan? kamu mau cari mati ya?', anthoni sangat marah. Namun Candy bisa menangkap sinyal bahwa Anthoni tak marah kepadanya, Anthoni hanya menunjukkan ekpresi kekhawatirannya.

Nasehat 5: Seseorang yang menyayangi Anda, akan tampak sedikit over protektif dan terkadang marah-marah karena mengkhawatirkan Anda. Jadi, jangan langsung kesel jika ibu atau ayah Anda menelepon sebentar-bentar hanya untuk menanyakan Anda sedang dimana? Itu merupakan salah satu ekpresi kecintaan mereka lho.


"Tentang hal itu ... ?" tanya Candy ragu. Anthoni tau apa yang ingin Candy sampaikan. Anthoni mulai angkat bicara, suaranya kembali rendah. 'Aku bukan tak ingin menemuimu karena aku membencimu, ingatkah kamu bahwa kita pernah membuat perjanjian untuk bertemu kembali ketika hari ulang tahun mu?'. Candy tanpak bingung akan argumen yang disampaikan oleh Anthoni kepadanya. 'tapi aku tak tahu hari ulang tahunku', jawab Canndy sedih. Anthoni pun membawa Candy ke kebun mawar miliknya, setelah sampai di sana. Anthoni menunjukkan sebuah batang mawar spesies baru yang baru pertama kali berbunga. 'ini spesies bunga mawar putih yang amat langka yang berhasil kutanam, malam ini dia akan mekar untuk pertama kalinya dan aku namai dia 'sweet Candy', sekarang kamu memiliki hari ulang tahun'tandas Anthoni.

Nasehat 6: Sahabat biasanya tak pernah melupakan hal-hal kecil dari dirimu yang mungkin kamu sendiri lupa akan hal itu.


Nah, hal yang paling seru juga saya temukan ketika Athoni meninggal dalam kecelakaan, sungguh menyedihkan. Cerita selanjutnya akan kita sambung pada part II, insya Allah.



Bersambung ...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengapa Kita Mencari Hal Yang Telah Kita Temukan? ( Part I )"

  1. ni komik lama kan kak.. diah sempet baca, tapi gk nyampe abis :)
    berseri kan !?

    BalasHapus
  2. @diah: iya dek, seru kali ceritanya, kakak ampek gmanaaaa gtu !
    Buka ja mangafox.com trus cari judul candy candy ato candy white. Jangan salah pilih, hehehe.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya!
Besok-besok mampir lagi ya!