18 Oktober 2010

Taiwan IT Expo 2010 Aceh

Hari itu tanggal 9-10-2010
Saya adalah salah seorang mahasiswi jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala,
nama saya Ayu 'Ulya , agar lebih akrab panggil saja dengan sebutan Ayu. Pada tanggal 9 Oktober 2010 tepatnya digedung AAC Dayan Dawot Banda Aceh digelar sebuah acara yang sangat luar biasa, apalagi kalau bukan Taiwan IT Expo 2010. Acara ini sudah lama saya tunggu- tunggu, kira-kira sekitar dua sampai tiga bulanan yang lalu, berita tentang akan digelarnya acara ini saya dapatkan dari acara Expo yang digelar oleh Jurusan Matematika FMIPA.

Sejujurnya saya tidak menyangka akan terlibat dan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung serta bertukar pengalaman dengan pihak taiwan . Bagi saya, mendapatkan kesemapatan untuk menghadiri seminar dan menggali informasi dari stan-stan yang digelar oleh pihak taiwan sendiri sudah merupakan suatu moment yang amat berharga. Namun tampaknya keberuntungan sedang berpihak pada saya, hal tersebut juga tak lepas dari peranan teman-teman yang mau memberikan informasi dan tawaran untuk terlibat dalam acara ini.

Pada hari H acara Taiwan IT Expo digelar, saya ditunjuk untuk bekerja sama dan membantu berbagai prosedur yang dibutuhkan oleh pihak Chinese Culture University. Disini saya berkenalan dengan dua orang mahasiswa dari Universitas tersebut. Mereka adalah Wan- Chun Wang (politics major) dan Hsin-Yen Hsie (Master of Economic major), keduanya berbahasa Inggris dengan sangat fasih sehingga sangat membantu saya untuk memahami setiap hal yang mereka sampaikan tentang segala hal yang berhubungan dengan Chinese Culture University. Mereka berdua sangat antusia untuk memperkenalkan Chinese Culture University kepada masyarakat terutama mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan S1, S2 dan S3 ke sana. Tidak tanggung-tanggung, Chinese Culture University juga menyediakan fasilitas berupa beasiswa full (free school fee and dormitory), khususnya bagi teman-teman yang berminat melanjutkan S2 dan S3 nya ke sana. Mereka juga akan mencarikan pekerjaan sampingan bagi mahasiswa yang membutuhkan biaya tambahan.

Chinese Culture University pada dasarnya merupakan sebuah universitas yang berbasis culture (budaya), namun hal ini bukan berarti universitas tersebut tidak membuka jurusan selain budaya. Universitas ini memiliki 11 Fakultas dengan berbagai jurusan, yang terdiri dari kelas mandarin dan kelas Internasional. Adapun ke sebelas major adalah: College of Liberal Arts, College of Foreign Language, College of Science, College of Agriculture, College of Engineering, College of Business, College of Education, College of Arts, College of Journalism and Mass Communications, College of Environmental Design, dan College of Social Science.

Chinese Culture University terletak di daerah pergunungan Taiwan, suasana yang akrab dengan alam dan bentuk bangunan yang di- desain moderen namun tidak meninggalkan kesan tradisional menjadi daya tarik tersendiri Universitas ini.

Satu hal lagi yang teman-teman harus ketahui bahwa untuk mendapatkan beasiswa dari Chinese Culture University, teman-teman tidak dituntut untuk mengikuti tes, hanya saja diwajibkan mengirim Application (sejenis lamaran untuk melanjutkan kuliah kesana). Application diterima sejak tanggal 1 Januari – 31 Mei 2011, semakin cepat teman-teman mengirimkan Application maka semakin besar peluang untuk kesana. Untuk informasi lebih lengkap teman-teman bisa mengunjungi situs www.pccu.edu.tw.

*) Admission Section:
Tel / +886-2-2861-0511
Fax / +886-2-2861-1147
Email/ cuaj@staff.pccu.edu.tw


*) Center for International Exchange:
Tel/ + 886-2-2861-0511
Fax / +886-2-2861-9786
Email/ cufj@staff.pccu.edu.tw


Written by: Ayu 'Ulya
Math- Student

Reaksi:

0 komentar: