17 Agustus 2010

Apa sih arti MERDEKA?

Sudah 65 tahun orang menjulukimu dengan inisial MERDEKA
Benarkah kau sudah merdeka?
Hari ini 17 Agustus 2010 bertepatan dengan 7 Ramadhan 1431 H, masyarakat memperingati 65 tahun kemerdekaan NKRI.

Iseng-iseng sehabis sahur dan shalat subuh saya OL di FB. Bermacam ragam comment dan tanggapan mengenai peringatan 65 tahun kemerdekaan RI bersemayam di status para FaceBooker. Nah... jadi menurut saya nie, pembahasan yang berkaitan dengan topik di atas bakalan asik untuk bahan postingan saya kali ini. Kira-kita para wonderer makin wonder gak ya???

Arti Kemerdekaan
Sangking bingung gak tau mau mulai ngebahas dari mana, akhirnya saya memakai prinsip KALKULUS (kembali ke Definisi-mereport perkataan dosen di kampus).
Wah, ternyata emang bener. Buat apa kita ngebahas panjang lebar tapi ternyata pembahasan yang kita bicarakan menyimpang jauh dari judul, itu sih namanya hana but mitaa but, meuputa-puta.

Terus, yang uniknya (entah iyaa pun unik), ketika saya menjumpai mbah Google untuk mencari definisi arti tu kata, merdeka atau kemerdekaan, secara lebih spesifik ternyata hasilnya nihil - gak sesuai harapan, definisi merdeka atau kemerdekaan itu sendiri masih dicampur aduk dengan pendapat-pendapat pribadi penulis, pun kalo ada definisi khusus beribet gitu.

Lho, jadi selama ini kita kerap kali meneriakkan kata yang kita sendiri tak paham?
(lutunya...oh...lutunya).

Karena kecewa akan kata-kata 'KEMERDEKAAN' yang tak kunjung jelas artinya, maka saya coba untuk mengalihkan pengertian dengan menggunakan bahasa inggrais (baca: inggris).

Independence is a condition of a nation, country, or state in which its residents and population, or some portion thereof, exercise self-government , and usually sovereignty, over its territory.

Nah, akhirnya ada juga pengertian yang jelas (terharu),
exercise self-government adalah kata yang paling cocok untuk kita bahas pengertiannya kali ini (kata yang laen kalo gak paham buka kamus yoooo!).
Artinya adalah pemerintah menjalankan pemerintahannya secara mandiri, tanpa didekte oleh pihak lain, tanpa mengalami ancaman dan tekanan untuk mengatur kehidupan masyarakatnya, pokoknya independent deh. Nah, ternyata pengertian KEMERDEKAAN itu simple ya (simple sih simple, prakteknya ini yang beribet dan teledor).
Jadi, dari pengertian yang singkat, padat dan jelas (anggap saja gitu,hehe) di atas, kira-kira kita sudah mendeka atau belum ya?

Harapan Ke depan
Secara pribadi saya tidak mengharap banyak, semoga kelak Indonesia bisa menjadi negara semakin bertakwa dan lebih memperdulikan praktek-praktek keIslaman layaknya Saudi Arabia (sesuai sila pertama- jangan bilang kalo kamu pada lupa PANCASILA, hehe).
Semoga Indonesia bisa secanggih Jepang, sekeren Korea Selatan, sedamai New Zealand, semaju Perancis dan gak KORUPSI lagi (wah, keterusan ngarep ni). Aamiinn...

Honestly, I Love Indonesia just the way it is!

Reaksi:

0 komentar: